Wisata alam gunung kelud kediri
Source : bisniswisata.co.id

Harga Tiket Dan Rute Lokasi Gunung Kelud, Gambar+Sejarah+Pesona Keindahan Setelah Meletus

Posted on

BosniaTravel.net – Gunung selalu menawarkan pesona keindahan yang tiada duanya. Tidak heran jika kini jumlah pendaki makin hari makin banyak saja. Salah satu keindahan yang tidak akan pernah terlupakan adalah dari pesona Gunung Kelud. Gunung yang satu ini berlokasi di Jawa Timur. Lantaran sangat dikenal oleh para pendaki di Indonesia, tak heran informasi tentang harga tiket dan lokasi Gunung Kelud kerapkali dicari.

Gunung Kelud ini ternyata tidak hanya dicintai oleh para wisatawan lokal saja. Para wisatawan asing pun bahkan sudah banyak yang menjajal tantangan di Gunung Kelud ini. Mengingat setiap gunung memiliki medan dan pesonanya sendiri, Gunung Kelud pun juga menawarkan keistimewaannya sendiri. Bahkan tak cukup sekali, para pendaki pun banyak yang ketagihan untuk menaklukkan gunung ini.

Wisata gunung kelud kediri
Source : andikafm.com

Pesona dan Keindahan Gunung Kelud Sekarang, Objek Wisata Paling Hits di Kediri

Wisata Gunung Kelud Kediri setelah meletus menjadi salah satu lokasi wisata di Jawa Timur yang amat sangat wajib untuk Anda kunjungi. Dengan keramahtamahan penduduk lokal, tidak heran jika para wisatawan selalu ingin kembali lagi dan lagi untuk mendaki gunung ini. Obyek wisata ini kian ramai kala akhir pekan dan hari libur di tanggal merah.

Perlu diketahui jika Gunung Kelud menjadi salah satu gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Timur. Meski beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan dengan adanya letusan dari Gunung Kelud, tapi kini Gunung Kelud sudah ada di status aman. Berita tersebut ada di tahun 2014 dimana kala itu Gunung Kelud meletus dan mengeluarkan hujan abu hingga ke berbagai daerah.

Lokasi Gunung Kelud sendiri mencakup hingga tiga wilayah yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar hingga ke Kabupaten Malang. Dari pusat Kota Kediri, Gunung Kelud bisa dicapai kira-kira dengan jarak 27 kilometer. Diperkirakan Gunung Kelud meletus hampir sebanyak 30 kali semenjak tahun 1.000 Masehi. Berdasarkan catatan, letusan 2014 lalu adalah letusan yang paling dahsyat.

Sumber air panas gunung kelud
Source : tempatwisataseru.com

Mungkin Anda merasa khawatir dan takut akan keamanan di Gunung Kelud ini. Tenang saja, karena kini status Gunung Kelud adalah aman. Selain itu sudah ada pihak yang terus memantau status Gunung Kelud sehingga para pengunjung pun tak perlu khawatir. Anda pun tak akan menyesal jika mendaki Gunung Kelud ini karena menawarkan pesona keindahan yang tiada dua.

Untuk keindahan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya yakni atraksi kubah lava yang ada di Gunung Kelud. Kubah lava sendiri bisa dilihat melalui gardu pandang di Puncak Gajah Mungkur. Ketika akhir pekan, pemandangan di kubah lava ini akan kian menarik lantaran diberikan lampu bercahaya warna-warni. Pasti Anda akan terpesona dengan pemandangan ini.

Wisata kediri hits gunung kelud
Source : akbarlahom.blogspot.com

Selain itu, Gunung Kelud pun menawarkan pemandian dengan air panas yang bisa memberikan kesegaran di tubuh Anda. Dengan mandi air panas, maka dijamin jika Anda akan lebih rileks dan tenang. Ini bisa dilakukan sebagai terapi usai Anda bekerja dan sibuk selama beberapa hari belakangan. Usai mandi air panas, tubuh akan terasa bersih dan segar.

Ada hal unik terkait jalan menuju ke Gunung Kelud yakni fenomena alam dimana ketika kendaraan Anda dalam kondisi mati tapi tetap bisa berjalan sendiri. Banyak yang beranggapan ini berhubungan dengan dunia mistis. Meski demikian, banyak juga yang menyatakan jika ini semua adalah karena adanya medan magnet yang menarik kendaraan tersebut.

Di Gunung Kelud pun Anda bisa menikmati wisata malam Gunung Kelud yang indah, nikmati sunrise melalui Puncak Gajah Mungkur, memanjat tebing pada Puncak Sumbing hingga flying fox. Gunung Kelud pasti akan bisa memuaskan adrenalin Anda.

Pesona dan keindahan gunung kelud kediri
Source : almehats.wordpress.com

Sejarah Meletusnya Gunung Kelud

Cerita sejarah yang begitu populer di kalangan masyarakat sekitar tentang Gunung Kelud adalah kisah tentang pengkhianatan asmara. Kisah itu berawal dari sayembara yang diadakan oleh Raja Brawijaya untuk mencari seorang suami putrinya yang cantik bernama Dyah Ayu Pusparani. Singkat cerita, sayembara terebut dimenangkan oleh Lembu Sura yang terkenal dengan manusia berkepala kerbau.

Sesuai dengan janji Raja Brawijaya, siapa yang memenangkan sayembara tersebut maka akan dinikahkan dengan putri cantiknya. Namun, putri raja tidak ingin menikah dengan Lembu Suro, hingga akhirnya sang putri memintakan satu persyaratan. Putri mau menikah dengan Lembu Sura asalkan dibuatkan sumur tepat di puncak Gunung kelud dalam waktu satu malam.

Lembu Sura yang terkenal dengan sosok pria sakti mandraguna tersebut akhirnya menyetujui permintaan tersebut. Dibuatkanlah sumur tersebut dengan segala kekuatan saktinya. Namun, sang putri berbuat curang. Setelah mengetahui permintaanya hampir selesai, putri menyuruh prajurit untuk menimbun Lembu Suro. Akhirnya Lembu Sura murka dan bersumpah “Orang-orang Kediri pasti akan mendapat balasanku. Kediri akan menjadi sungai, Blitar akan menjadi daratan, dan Tulungagung akan menjadi daerah perairan dalam”.

Dari kisah tersebut, banyak warga setempat menganggap mitos letusan Gunung Keluad merupakan kutukan Lembu Suro yang dikhianati Putri Dyah Ayu Pusparani.

Gambar gunung kelud sekarang setelah meletus
Source : mudamudijatim.com

Fasilitas di Gunung Kelud, Mulai dari Penginapan, Parkir Luas, Sewa Mobil, Semua Ada disini

Meskipun wisata gunung identik dengan wisata alam yang menantang, tapi Gunung Kelud sudah diberdayakan dengan sedemikian rupa demi menjadi tempat wisata. Tidak heran jika fasilitas yang ada di Gunung Kelud ini pun sudah sangat lengkap. Para pendaki dan wisatawan tentu tidak akan bingung jika akan melakukan banyak hal.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan, maka sudah tersedia area parkir yang luas. Anda yang ingin beribadah pun tidak usah bingung karena telah tersedia mushola serta kamar mandi untuk MCK. Jika Anda ingin santai dan menikmati kuliner, maka berbagai rumah makan sudah tersedia mengisi perut Anda dengan menu lezatnya.

Gambar gunung kelud sekarang
Source : IG @id_pendakikusam

Di area sekitar Gunung Kelud, tepatnya di Desa Kepung Kecamatan Ngancar ada beberapa rumah penginapan yang memang disediakan untuk pengunjung yang ingin berlibur berhari-hari di wisata Gunung Kelud ini. Tarifnya cukup murah, mulai dari 100 ribu hingga 200 ribu. Sementara bagi Anda yang tidak membawa budget banyak, ada aula besar di kawasan Gunung Kelud yang biasanya digunakan untuk menginap tanpa biaya alias gratis.

Wisata Gunung Kelud juga ada fasilitas sewa mobil wisata yang dapat digunakan bagi Anda yang tidak ingin capek-capek atau kelelahan. Mengingat jalanan yang dilewati cukup menantang dan naik turun begitu ekstream. Anda cukup merogoh kocek sekitar 15 ribu saja. Sudah termasuk pulang dan pergi.

Keindahan gunung kelud sekarang
Source : Pinterest @ghazeemuwaffaq

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Kelud

Gunung Kelud berada di kecamatan Wates, Kediri. Lokasinya sendiri sekitar 1 jam jika Anda berkendara dari Kota Kediri. Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi pasti akan mudah menemukan rute Gunung Kelud ini, karena bisa dicari langsung dari peta online. Selain itu, jalan menuju wisata Gunung Keluad sudah aspal, jadi tinggal ikuti saja. Jika bingung pun, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang sudah pasti tahu.

Sedangkan jika Anda ingin naik bis, maka bisa juga dari Kediri ke arah Pesantren dan kemudian lanjut ke arah Wates. Sesampai Wates, maka Anda bisa mencari bis lagi menuju ke Ngancar atau turun langsung ke Desa Sugihwaras. Sesampainya di desa ini, Anda tinggal berjalan kaki menuju ke Gunung Kelud atau naik ojek. Mudah sekali bukan?

Jalan menuju wisata gunung kelud
Source : pengendolan.com

Harga Tiket dan Jam Buka Gunung Kelud

Harga tiket Gunung Kelud murah sekali yakni Rp 5.000 saja saat hari biasa dan Rp 10.000 saat akhir pekan. Sedangkan untuk jam buka wisata gunung kelud adalah 24 jam non stop. Meski demikian, beberapa spot jasa wisata Gunung Kelud menawarkan jam buka berbeda-beda misalnya flying fox dan lainnya.

Tips dan Saran Sebelum Berkunjung ke Wisata Gunung Kelud

  1. Bagi yang belum pernah main ke Kediri bagian timur (Pare) sebaiknya gunakan penunjuk arah GPS
  2. Datang disaat yang tepat. Disarankan untuk datang pagi hari atau sore hari. Jika pagi hari akan mendapati udara yang sejuk pegunungan dan tidak panas. Selain itu nantinya sampai disana bisa berkeliling dengan puas. Jika sore hari, bisa melihat matahari terbenam dan malamya bisa melihat anak gunung kelud yang penuh dengan gemerlap cahaya.
  3. Siapkan stamina yang baik, karena namanya pegunungan pasti jalannya naik turun. Dengan memiliki stamina yang fit, maka jalan-jalan berkeliling gunung Kelud bisa nikmat dan bahagia.
  4. Gunakan alas kaki yang pas untuk berjalan di daerah pegunungan. Seperti sepatu yang nyaman atau bisa sendal gunung. Agar kaki tidak pegel dan lecet.
  5. Untuk berjaga-jaga bawa jas hujan atau payung. Karena cuaca pegunungan tidak tentu. Bisa turun hujan kapan saja.
  6. Baga juga jaket atau pakaian tebal, karena udara pegunungan sangat dingin sekali. Bisa mencapai 5 hingga 20 derajat celcius.
  7. Jangan lupa bawa kamera bagus. Karena disini banyak spot-spot selfie unik dan menarik.
  8. Bagi yang ingin mendaki, bawa bekal air mineral cukup banyak, karena disepanjang pendakian tidak ada sumber air dan track cukup menguras tenaga.
  9. Jaga kebersihan dan ikuti aturan yang ada.
  10. Hati-hati, sekeliling jalan gunung Kelud adalah jurang. Kususnya bagi Bapak / Ibu yang membawa anak kecil.

Itulah informasi sekilas terkait pesona keindahan, harga tiket dan lokasi Gunung Kelud. Jadi tunggu apa lagi, segera kemas perlengkapan liburan Anda dan dakilah Gunung Kelud yang gagah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *