Museum airlangga kediri
Source : .eastjava.com

Harga Tiket dan Rute Lokasi Museum Airlangga Kediri, Berwisata Asik Sambil Belajar Sejarah

Posted on

BosniaTravel.net – Liburan bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Untuk anak-anak, ada baiknya orang tua juga bisa memilih tempat wisata edukasi yang baik. Salah satu wisata edukasi yang bisa jadi pilihan yakni museum Airlangga. Sebelum Anda menuju kesana, ada baiknya Anda tahu lebih dulu terkait harga tiket masuk dan lokasi menuju museum Airlangga Kediri.

Kediri tidak melulu ada dengan wisata alam saja, seperti Kampung Indian, Kampung Anggrek, Bukit Dhoho Indah. Namun, Kediri juga memiliki banyak sekali wisata edukasi yang bisa mendidik dan memberi pengetahuan, misalnya Museum Airlangga. Nama museum di Kediri ini diambil dari nama seorang raja yang masyhur di masanya yakni Raja Airlangga yang mendirikan Kerajaan Kahuripan.

Wisata edukasi kediri museum airlangga
Source : tripadvisor.com

Pesona dan Keindahan di Museum Airlangga Kediri

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis museum di Indonesia. Untuk Museum Airlangga Kediri sendiri merupakan museum yang menyimpan berbagai macam benda sejarah. Dengan mengunjungi Museum Airlangga Kediri, maka Anda pun akan bisa lebih mengenal sejarah. Museum Airlangga Kediri diresmikan sejak tahun 1992.

Bangunan dari Museum Airlangga Kediri didesain dengan wuwungan bertingkat dan dinding kaca yang ada di sekelilingnya. Papan nama dari Museum Airlangga Kediri dibuat dari kayu dengan ukuran yang besar dimana ditempel pada bagian depan museumnya. Pada bagian depan museum, Anda sudah disambut dengan beberapa arca Makara batu dengan ragam ukuran yang disekat sederhana.

Makara sendiri merupakan binatang mitologis dengan bentuk seperti ikan tapi mempunyai belalai dan dipakai untuk menyalurkan air pada candi Hindu. Ada juga Arca Budha tanpa kepala di Museum Airlangga Kediri ini. Museum ini juga memiliki banyak sekali peninggalan benda bersejarah yang patut untuk dikulik. Anda pasti akan terpesona dengan semua peninggalan koleksinya.

Koleksi museum airlangga kediri
Source : aldrinrachmanpradana.com

Untuk beberapa isi museum Airlangga Kediri atau koleksi yang ada di Museum Airlangga Kediri dan paling menarik minat pengunjung yakni patung primitif orang berjongkok dengan tangan bersila merangkul lutut. Selain itu, ada juga Brahma yakni patung Dewa Trimurti kepercayaan dari umat Hindu. Patung Sivanandi pun juga ada yakni patung yang dipercaya sebagai Dewa Perusak.

Selain patung-patung, Anda juga bisa melihat ada anak timbangan dimana menjadi perlengkapan menimbang di masa lalu yang unik. Ada juga pipisan dan gandik yang dipakai menghaluskan berbagai macam daun dan bumbu untuk jamu dan memasak. Anda juga bisa melihat pakinganan dan jambangan batu untuk meletakkan air suci dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengunjungi Museum Airlangga Kediri ini, maka bisa dipastikan Anda akan sangat terpukau dengan sejarah masa lalu Indonesia yang begitu artistik dan kaya. Jangan lupa juga untuk siapkan kamera dan handphone sehingga Anda bisa berfoto di beberapa spot yang bagus saat ada di Museum Airlangga Kediri.

Wisata kediri hits museum airlangga
Source : malangsemarang.com

Koleksi Isi Museum Airlangga Kota Kediri

– Brahma

Salah satu Dewa Trimurti yang memiliki kedudukan sebagai Dewa Pencipta. Memiliki bentuk berkepala empat dan duduk bersila atau duduk di atas kereta yang ditarik oleh ekor angsa. Salah satu tangannya memegang aksamala dan tangan lainnya membawa kamandalu.

– Siva

Siva adalah Dewa tertinggi Trimurti yang dikenal sebagai dewa perusak.Biasanya sering diletakkan di ruang utama candi Hindu. Memiliki bentuk tangan empat, yang masing-masing memegang cemara, aksamala, kamandalu, dan trisula. Pada bagian keningnya terdapat mata ketiga yang dapat membakar apa saja.

– Jambangan Batu

Sebuh wadah air suci yang menggambarkan asal mula hidup / padma mula. Karena terdapat hiasan berupa teratai yang merupakan lambang kesucian.

Koleksi patung di museum airlangga kediri
Source : Swetadwipa.blogspot.com

– Yoni

Sebuah tempat berbentuk balok dengan lubang tengah yang berfungsi untuk menancapkan patung Siva / Lingga. Ada ceratan yang digunakan untuk mengalirkan air pembasuh arca Siva / Lingga pada waktu upacara.

– Patung Primitif

Dikatakan patung primitif karena bentunya sederhana sekali yang memiliki bentuk dalam posisi jongkok dan kedua tangan bersla dimuka sambil menekuk lutut.

– Makara

Patung yang berwujud setengah manusia dan setengah binatang dalam keadaan jongkok. Makara yang berupa kepala gajah lengkap dengan belalainya melingkar pada ujungnya ini berfungsi sebagai pancuran air suci.

– Pakinangan

Sebuah tempat sirih, gambir, dan tembakau yang biasa digunakan oleh ibu-ibu pedagang kecil jaman dahulu kala.

Wisata sejarah museum airlangga kediri
Source : travellersblitar.com

– Pipisan dan Gandik

Sebuah alat penghalus ramuan-ramuan, terutama daun-daun. Pipisan sebagai landasan sedangkan Gandik alat penghalusnya berbentuk bulat panjang.

– Anak Timbangan

Terbuat dari batu yang berbentuk seperti manggis, bulat dan segi empat. Bagian atasnya terdapat lubang sebagai tempat penggantung. Digunakan sebagai pengukur berat di jaman dahulu.

Selain kesembilan koleksi tersebut, masih ada koleksi-koleksi lain yang dapat ditemukan dan dipelajari pada Museum Airlangga ini. Seperti ada, Prasasti Batu, Ardhanari, Padmasana, Vishnu, Relief Manusia, Minatur Rumah, Gentong Batu, Arca Buddhis, Nandi, Parvati, Batu Angka Tahun, Arca Perwujudan, Ganeca, Jaladwara, Cermin Perunggu, Ghanta, Ghanta Gantung, Kala, Keben, Durga Mahisa Suramadhini, dan masih banyak lagi arca dan artefak-artefak kuno.

Isi museum airlangga kediri
Source : andikafm.com

Fasilitas di Museum Airlangga Kediri

Bukan hanya dari keindahan dan pesona saja, tapi semua tempat wisata juga harus mampu menyediakan beragam fasilitas untuk para pengunjungnya. Dengan fasilitas yang lengkap, maka diharapkan pengunjung akan bisa merasakan aman dan nyaman ketika berwisata.

Fasilitas yang ada di Museum Airlangga Kediri terbilang cukup lengkap. Saat Anda pertama masuk, maka Anda sudah disambut dengan area parkir yang cukup luas sehingga Anda tidak usah khawatir dengan kendaraan Anda. Di sana juga sudah ada tukang parkir yang siap sedia untuk menjaga titipan kendaraan dari pengunjung.

Anda yang beragama Islam juga bisa tenang karena Museum Airlangga Kediri sudah tersedia musola sehingga Anda tetap bisa beribadah. Untuk berwudlu pun juga sudah ada tempatnya sendiri yang dilengkapi kamar mandi.

Usai berkeliling Museum Airlangga Kediri, tentu Anda akan merasakan lapar. Bagi yang membawa bekal, maka disarankan untuk makan di luar ruangan museum sehingga kebersihannya tetap terjaga. Tapi bagi yang tidak membawa bekal, maka banyak sekali tersedia rumah makan yang bisa Anda pilih.

Artefak isi museum airlangga kediri
Source : @filsafatjawa

Lokasi dan Rute ke Museum Airlangga Kediri

Lokasi Museum Airlangga Kediri adalah berada di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Untuk lokasi tepat Museum Airlangga Kediri adalah di Jalan Lingkar Maskumambang di area kawasan wisata Goa Selomangleng. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa langsung membuka peta online dan memakai GPS untuk menuju ke tempat wisata sejarah ini.

Rute Museum Airlangga Kediri ini sendiri tidak begitu sulit karena masih berada di area kota. Medan yang dilalui adalah jalan yang lurus membelok dan juga beraspal. Tentunya dari segi keamanan juga bisa lebih maksimal dengan medan demikian.

Namun, tentunya tidak semua pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan kendaraan umum maka Anda bisa langsung menaiki bus dengan tujuan Desa Pojok. Jika sudah sampai di Desa Pojok, lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju museum ini. Tarifnya pun pasti tidak mahal karena jaraknya masih relatif dekat.

Wisata edukasi museum airlangga kediri
Source : cendananews.com

Harga Tiket dan Jam Buka Museum Airlangga Kediri

Umumnya untuk harga tiket ke berbagai tempat wisata dibedakan antara hari biasa dan akhir pekan. Namun, harga tiket masuk Museum Airlangga Kediri justru tetap sama setiap harinya untuk semua pengunjung. Harganya pun murah saja yakni Rp 4.000. Museum Airlangga Kediri juga buka setiap hari sehingga Anda bisa bebas mengunjunginya dengan jam buka antara jam 9 pagi hingga jam 4 sore saja.

Itulah beberapa informasi penting terkait harga tiket dan lokasi Museum Airlangga Kediri. Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum ini, ada baiknya untuk mematuhi segala aturan yang ada di dalamnya. Dengan demikian semua barang yang ada di museum tetap aman dan pengunjung pun senantiasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *