Wisata air terjun Coban Rondo Malang
Source : tourbromosurabaya.wordpress.com

Harga Tiket dan Rute Lokasi Coban Rondo Malang, Wisata Air Terjun Dengan Keindahan Alam Instagramable

Posted on

BosniaTravel.net – Wisata alam dapat menjadi alternatif menghabiskan liburan. Mengunjungi alam akan membuat pikiran lebih segar dan siap menghadapi kegiatan rutin. Coban Rondo dapat menjadi destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Lokasi Coban Rondo Malang sangat mudah ditemui dan diakses oleh kendaraan.

Coban Rondo merupakan salah satu obyek wisata alam berupa air terjun. Popularitas Coban Rondo sudah ada sejak lama. Dengan perkembangan wisata dari pemerintah, wisatawan Coban Rondo semakin hari semakin bertambah. Wisata alam ini sangat cocok dimasukkan dalam daftar liburan bersama keluarga atau kerabat dekat.

Misteri Coban Rondo Malang
Source : wisataid.com

Mengenal Asal Usul Wisata Coban Rondo Malang

Seperti wisata alam-alam lainnya, yang mengangkat nama jawa pasti memiliki mitos dan legenda sendiri, seperti halnya Coban Rondo ini. Kata Coban memiliki arti Cobaan, sedangkan Rondo adalah Janda. Jika digabung menjadi Cobaan Janda.

Kenapa bisa memiliki nama Cobaan Janda ? Alkisah asmara antara Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma yang saling mencintai dan akhirnya menikah. Belum sampai 36 hari atau orang jawa menyebutnya selapan, keduanya sudah melakukan perjalanan. Padahal, menurut orang jawa dahulu, pengantin baru yang belum usia selapan tidak diperbolehkan keluar, jika tidak ingin terjadi apa-apa pada keduanya.

Dewi Anjarwati dan Raden Baron tidak menggubris omongan tersebut, akhirnya keduanya melakukan perjalanan, dan belum sampai tujuan, mereka telah bertemu dengan Joko Lelono yang kemudian terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Singkat cerita, Raden Baron dan Joko Lelono bertarung hingga keduanya meninggal. Sementara Dewi Anjarwati bersembunyi ditempat aman yaitu di balik air terjun. Karena sang suami sudah meninggal dalam pertarungan, akhirnya Dewi Anjarwati menjadi janda. Disebutlah Coban Rondo.

Tiket masuk wisata air terjun Coban Rondo Malang
Source : picdeer.com

Pesona dan Keindahan Coban Rondo Malang

Suasana khas area air terjun akan sangat terasa ketika wisatawan masuk ke Coban Rondo. Air terjun dengan ketinggian mencapai 84 meter ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Baik musim hujan maupun musim kemarau, Coban Rondo selalu mengalir dengan deras. Saat musim hujan debit air terjun mencapai 150 liter per detik, sedangkan saat musim kemarau mencapai 90 liter per detik.

Sumber air yang mengalir ke Coban Rondo berasal dari mata air Cemoro Mudo. Cemoro Mudo terletak di lereng Gunung Kawi yang letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun. Wisatawan bisa merasakan kesegaran air yang mengalir deras dari sumber mata air tersebut. Air juga terlihat sangat jernih dan bersih. Tidak jarang wisatawan datang untuk bermain air di sekitar situ.

Mitos Wisata Coban Rondo Malang
Source : travel.kompas.com

Lokasi Coban Rondo Malang berada di area pegunungan dengan ketinggian 1135 meter. Udara di kawasan tersebut terasa sangat segar dan menyejukkan. Tidak jauh dari Coban Rondo terdapat kawasan hutan pinus. Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah khas hutan pinus setelah mengunjungi Coban Rondo.

Pesona Coban Rondo telah dibuka umum sejak 1980. Namun, popularitas Coban Rondo tidak surut meskipun banyak obyek wisata baru yang menghiasi Kota Malang. Keindahan alam yang luar biasa inilah yang mampu membuat wisatawan tetap tertarik dan terus kembali untuk menikmati pesona Coban Rondo.

Area Coban Rondo merupakan habitat asli monyet hutan. Wisatawan bisa melihat kehidupan lutung dan kera abu-abu secara langsung dalam jarak dekat. Selain primata, ada banyak burung-burung yang hidup bebas di sekitar air terjun. Wisatawan bisa mendengarkan kicauan merdu burung tersebut. Kehidupan rusa liar juga menjadi hal menarik untuk diperhatikan.

Spot selfie air terjun Coban Rondo Malang
Source : richoku.com

Fasilitas Coban Rondo Malang, Banyak Wahana Menantang Yang Patut Dijajal

Pesona dan keindahan yang ditawarkan oleh Coban Rondo menjadikan Coban Rondo sebagai spot foto yang menarik. Banyak wisatawan yang mengambil foto atau video di sekitar air terjun. Agar keamanan wisatawan senantiasa terjamin, pengelola tempat wisata memberikan banyak himbauan untuk berhati-hati.

Fasilitas umum yang disediakan di sekitar Coban Rondo adalah penginapan. Penginapan tersebut disediakan di luar area Coban Rondo. Wisatawan bisa memilih salah satu dari beberapa penginapan yang ada. Selain itu, pengelola telah menyiapkan toilet umum yang bersih dan lengkap.

Jika ingin merasakan keindahan alam di sekitar Coban Rondo lebih dekat, wisatawan bisa mencoba berkemah di area camping ground. Di kawasan Coban Rondo tersedia 5 area yang bisa dipilih, yaitu Karpa, Mangir, Rasmala, Damar, dan Cemara.

Berkeliling di sekitar Coban Rondo dapat dilakukan dalam berbagai cara. Wisatawan bisa berjalan-jalan biasa dengan santai bersama keluarga. Jika ingin merasakan aktivitas yang lebih ekstrim, wisatawan bisa menelusuri jalur tracking yang disediakan oleh pengelola wisata. Keamanan jalur tracking tersebut telah dijamin oleh pengelola sehingga wisatawan tidak usah khawatir berlebih.

Puncak air terjun Coban Rondo Malang
Source : anomharya.com

Tidak ingin berjalan? Coba fasilitas sepeda gunung untuk menelusuri jalur menuju puncak air. Berkuda juga bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas berupa kereta kelinci yang cocok dijadikan pilihan jika berlibur bersama anak. Untuk menikmati liburan yang lebih seru, pengelola menyediakan permainan paint ball dan labirin.

Ada banyak wahana seru lain yang bisa dicoba. Wahana yang paling dekat dengan air terjun ada Fun Tubing. Wisatawan akan diajak melewati aliran sungai yang ada di dekat air terjun. Wahana ini dibuka umumnya saat musim kemarau, sedankan saat musim hujan wahana dibuka sewaktu-waktu melihat kondisi debit air terjun.

Setelah berkeliling, tentunya Anda akan merasa lapar. Di kawasan Coba Rondo banyak tersedia warung makanan. Anda juga bisa membeli berbagai suvenir dari ruko dan toko yang berjajar di sepanjang area Coban Rondo.

Fun Tubing Coban Rondo Malang
Source : tabloidwisata.com

Lokasi dan Rute Coban Rondo Malang

Coban Rondo berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Jarak yang perlu ditempuh untuk melalui rute Coban Rondo Malang adalah 20 km dari pusat Kota Malang. Jarak ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam jika tidak macet. Apabila Anda berangkat dari pusat Kota Batu, jarak yang perlu ditempuh adalah 12 km dan memakan waktu 30 menit.

Untuk menuju Coban Rondo, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda ambil arah menuju Pujon. Sampai di pertigaan patung sapi, masuklah dalam gang tersebut dan Anda akan sampai di gerbang Coban Rondo.

Jika naik kendaraan umum dari Malang, pergilah ke Terminal Landungsari dan naik bus Malang-Kediri. Turunlah di pertigaan patung sapi Pujon dan naik ojek untuk sampai ke lokasi.

Rute Wisata air terjun Coban Rondo Malang
Source : yuvita.wordpress.com

Harga Tiket dan Jam Buka Coban Rondo Malang

Harga tiket Coban Rondo Malang sangat terjangkau. Wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 35 ribu rupiah. Eits, jangan bilang mahal dulu. Harga tiket tersebut sudah termasuk semua wahana yang dilewati, seperti Taman Labirin. Ini karena, lokasi air terjun Coban Rondo berada dipaling ujung rute.

Jadi, sebelum masuk lokasi Coban Rondo, wisata mau tidak mau harus melewati Taman Labirin yang memiliki spot selfie instagramabel dan terdapat juga berbagai wahana menarik di taman ini, seperti Flyingfox, sepeda gunung, shotting target, panahan, dan taman buatan yang dibangun berkelok-kelok, menjadikan wisatawan masuk taman akan tersesat di dalam.

Mengenai jam buka wisata Coban Rond, Anda dapat mengunjungi Coban Rondo Malang mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Memang, wisata ini dibuka 24 jam, karena biasanya digunakan untuk camping atau lainnya. Tapi disarankan datang dijam-jam kunjung seperti wisata lainnya saja. Karena apa ? Lokasinya air terjun masih asri dan menurut mitos terkenal magisnya.

Wisata taman labirin coban rondo malang
Source : srupud.com

Tips Berkunjung Ke Wisata Coban Rondo Malang

Pertama, pastikan melakukan persiapan sebelum berlibur. Mulai dari kondisi badan, waktu, dan perisapan lainnya.

Bagi yang belum pernah ke Malang, kususnya daerah pujon, sebaiknya gunakan alat penunjuk arah seperti GPS atau Google Maps. Jika sudah sampai dekat lokasi, jangan malu untuk bertanya. Karena wisata Coban Rondo berada di area susah sinyal takutnya GPS akan menyesatkan Anda.

Jika Anda membawa kendaraan roda empat, pastikan sudah lihai melintas jalan pegunungan, karena rute menuju wisata ini cukup berkelok-kelok dan sempit.

Bawa bekal makanan untuk menghemat biaya liburan. Meski disana juga ada wisata kuliner yang enak dan lezat, namun tahu sendirikan yaa harga yang dibandrol pada tempat wisata.

Jangan lupa juga membawa baju ganti, jika ingin bermain air di bawah air terjun Coban Rondo yang sangat dingin dan segar.

Pastikan juga membawa jaket tebal, karena di area lokasi sangat dingin sekali.

Sebaiknya jika hendak ingin berkunjung ke sini pada waktu musim kemarau. Karena jika sudah kena hujan, maka akan cukup terkendala menikmati wahana yanga ada.

Jangan lupa juga membawa kamera yang bagus, karena banyak spot selfie instagramable disini.

Tips terakhir, patuhi segala peraturan yang ada dan jaga kebersihan.

Itulah informasi mengenai pesona, fasilitas, lokasi dan rute, serta harga tiket Coban Rondo Malang. Apabila Anda tertarik, persiapkan waktu dan tenaga untuk menikmati liburan di Coban Rondo Malang. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan selama berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *