Kampung-coklat-blitar
Source : explorerwisatalokalblitar.blogspot.com

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Kampung Coklat Blitar

Posted on

BosniaTravel.net – Jika ingin pergi ke tempat wisata edukatif sekaligus menyenangkan di Jawa Timur, maka kampung Coklat bisa menjadi jawabannya. Penghasil coklat dan olahan berbahan dasar coklat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak pertama kali dibangun 2015-an lalu. Wisata alam ini sudah ramai muncul di Instagram karena memiliki spot foto yang bagus. Tidak hanya itu, kawasan yang masih asri menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Penasaran dengan harga tiket masuk dan rute lokasi Kampung Coklat Blitar?

Bicara soal Kampung Coklat tentunya kamu akan ingin tahu keistimewaan yang disuguhkan tempat ini. Objek wisata yang populer ini menyediakan tempat bersantai juga untuk para pengunjung. Sehingga jika kamu lelah berjalan mengitari area wisata, kamu bisa beristirahat sejenak dan menikmati udara sejuk perkebunan coklat. Baiklah, daripada berlama-lama berikut informasi lengkap tentang Kampung Coklat Blitar.

Tiket-masuk-kampung-coklat-blitar
Source : darmawisataindonesia.co.id

Sejarah Adanya Wisata Kampung Coklat Blitar

Sebelum membahas pesona dan keindahan Kampung Coklat Blitar, ada baiknya mengetahui sejarah menarik dibalik mendunianya wisata ini. Berawal dari kolapnya bisnis peternakan ayam yang diserang penyakit mematikan yakni flu burung pada tahun 2004. Dimana semua ayam milik Bapak Kholid (Sekarang pemimpin wisata Kampung Coklat) mati dan mengalami kerugian sangat besar.

Dari kejadian itu, Bapak Kholid akhirnya berpikir keras dan berusaha keras beralih profesi yakni menjadi petani budidaya coklat dan kakao. Untuk mematangkan ilmunya agar sukses, beliu belajar dan terus belajar ilmu budidaya tanaman kakao. Bahkan sempat magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Jember.

Dari situ, beliau akhirnya membentuk suata komunitas dengan nama GAPOKTAN Guyub Santoso pada tahun 2005. Berangkat dari komunitas inilah, beliau mampu berkembang peset dan berhasil mendirikan beberapa usaha mandiri yaitu UD dan CV.

Hasil dari jerit payahnya, kini GAPOKTAN Gurub Santoso mampu memasarkan biji kakao di pasar nasional hingga internasional. Kesuksesan inilah akhirnya memunculkan wisata Kampung Coklat dimana mampu budidaya tanaman kakao dan buah coklat hingga memproduksi olahan coklat menjadi begitu lezat dan banyak ragam olahan.

Warga sekitarpun juga ikut senang dan mendukung, sebab dengan adanya wisata ini, banyak warga jadi memiliki pekerjaan. Ada yang membuka parkir, jualan disekeliling area wisata, ada juga warga yang diberikan wawasan tentang pengolahan coklat yang akhirnya dipekerjakan di tempat ini.

Lokasi-kampung-coklat-blitar
Source : travelingyuk.com

Pesona dan Keindahan Kampung Coklat Blitar

Tempat wisata ini menyajikan keindahan kebun coklat yang kekinian. Ada banyak spot foto instagramable di tempat ini. Spot tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian pengunjung. Sehingga tidak hanya menikmati kebun coklat tapi kamu juga bisa berfoto ria. Tidak hanya itu, keindahan Kampung Coklat Blitar juga terlihat pada kebersihannya. Tepat di area cafetaria juga disediakan banyak tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan wisata.

Gambar-kampung-coklat-blitar
Source : infowisataseru.com

Selain itu, wisata Kampung Coklat Blitar ini juga ada kolam terapi ikan yang bisa kamu nikmati di sebelah kafetaria. Harga terapi dengan ikan ini pun sangat murah. Kamu bisa menikmati sensasi gigitan ikan kecil-kecil yang memakan sel-sel kulit mati. Kamu juga bisa berkeliling untuk belajar berkebun dan pemeliharaan pohon coklat. Tanyakan saja pada petugas, maka mereka akan menjawan keingintahuanmu dengan senang hati.

Di sini kamu juga bisa langsung petik coklat dengan membayar harga coklat per kilogram-nya. Namun, petik coklat ini tidak setiap hari diperbolehkan mengingat jumlah coklat yang masak tiap hari berbeda-beda. Kamu bisa menanyakan hal ini di loket masuk terlebih dulu. Pengunjung bisa makan coklat yang telah dipetik tersebut langsung di lokasi wisata. Wah, tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan bagi kamu dan teman-temanmu.

Alamat-kampung-coklat-blitar
Source : travelspromo.com

Fasilitas Kampung Coklat Blitar

Pengunjung selain bisa menikmati olahan coklat juga bisa mengolah coklat sesuai keinginan lewat Cooking Class, dengan begitu pengunjung dapat secara langsung mengetahui cara mendekorasi atau mengolah coklat. Kegiatan cooking class ini dilakukan dengan tujuan tidak hanya orang dewasa yang mengerti cara mengolah coklat, tapi anak-anak pun ikut antusias. Untuk menjaga kenyamanan para pengunjungnya, Fasilitas Kampung Coklat Blitar juga ada Musholla, Tempat Makan, Kamar Mandi, Outlet, Panggung Hiburan, Kolam Ikan, dan Wahana Permainan untuk Anak-anak.

Wisata blitar kampung coklat
Source : travelspromo.com

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh aneka olahan coklat, Anda bisa membeli produk Kampung Coklat Blitar ini dengan harga terjangkau. Harga coklat di Kampung Coklat Blitar hanya Rp9.000,-. Aneka panganan yang bisa dicoba di kedai coklat mulai dari Rp5.000,- sampai dengan Rp10.000,-. Selain itu coklat siap saji yang bisa Anda beli antara lain es krim, minuman coklat panas, nasi goreng coklat, mie coklat, stik coklat, dan masih banyak lagi.

Produk hasil olahan coklat yang bisa Anda jadikan oleh-oleh di antaranya keripik coklat, brownies dan kue-kue semacamnya dengan campuran coklat, serta beberapa produk dengan bahan dasar coklat murni dan campuran buah-buahan seperti :

  • Cokelat original
  • Coklat krispi
  • Coklat apel
  • Coklat jeruk
  • Coklat hitam 60%
  • Coklat murni 100%
wahana-kampung-coklat-blitar
Source : hargatiket.net

Lokasi dan Rute Kampung Coklat Blitar

Wisata Kampung Coklat ini berada di alamat Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Jl. Banteng – Blorok No. 18, Kademangan, Blitar, Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Blitar berjarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Lokasi Kampung Coklat Blitar Jatim ini menempati kebun coklat seluas 750 meter persegi. Suasana yang diciptakan dari tempat ini sangat khas.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat Blitar

Harga tiket masuk Kampung Coklat Blitar Jawa Timur hanya sebesar Rp5.000,- saja. Dari gerbang depan, akan terlihat bangunan mewah seperti resto elit. Saat Anda sudah melewati gerbang, maka Anda akan langsung disuguhkan dengan deretan pohon-pohon coklat yang rapi dengan banyak sekali tempat duduk di bawahnya. Benar-benar unik. Lokasi wisata Kampung Coklat ini terlihat seperti kebun yang berada dalam ruangan.

Jam Operasional Kampung Coklat Blitar

Jam operasional Kampung Coklat Blitar mulai Minggu – Jumat pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Sedangkan untuk Hari Sabtu buka pukul 09.00 hingga 16.30 WIB. Sebaiknya pergi ke Kampung Coklat di pagi hari karena tidak terlalu ramai, sehingga kamu bisa foto tanpa ada kerumunan orang-orang.

Biasanya wisata Kampung Coklat Blitar ini akan ramai saat weekend (Sabtu-Minggu) dan hari libur nasional seperti liburan sekolah, atau jelang lebaran. Oleh karenanya, tentukan waktu yang tepat untuk pergi ke tempat ini sehingga kamu bisa puas menikmati wisata ini. Tak ada salahnya juga jika kamu datang saat weekday agar sedikit lengang.

Wisata Kampung Coklat tidak hanya sebagai tempat hiburan semata, tapi juga menjadi sarana edukatif. Anda bisa melihat langsung proses pembibitan coklat oleh para petani. Namun, kegiatan ini tidak setiap hari ada. Selain itu, Anda bisa mengikuti acara masak yang dipandu oleh chef ahli. Anda akan menerima materi cara mengolah coklat yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *