Wisata kampung pelangi semarang
Source : bbc.com

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Kampung Pelangi Semarang, Liburan Penuh Dengan Warna

Posted on

BosniaTravel.net – Memanjakan diri ketika selesai dengan urusan pekerjaan adalah hal yang memang penting untuk dilakukan. Memilih waktu yang tepat disela-sela aktivitas kerja atau kegiatan sekolah/kampus. Perlu juga mereferensi tempat wisata apik dan keren sesuai keuanganmu. Itu akan menjadi liburan menyenangkan jika dibarengi dengan keluarga ataupun sahabat terdekat. Ingin tahu dengan harga tiket masuk dan rute lokasi Kampung Pelangi Semarang?

Memang betul, sekarang ini orang-orang memburu tempat wisata yang modern, keren dan penuh tantangan. Meski terkadang tempatnya aneh, tetap saja ramai pengunjung. Hal ini disebabkan, orang orang lebih suka berfoto ria dan memposting foto di akun sosmed andalannya. Biaya untuk berwisata bukan sebuah pertimbangan lagi. Mau dekat atau jauh, tetap akan dikunjungi asal puas rasa penasaran dan menghasilkan foto yang sangat menarik.

Semarang bisa menjadi pilihan, kota yang bisa kamu kunjungi selain bertujuan sejarah dan religi. Tahun 2017 lalu, Kampung Pelangi Semarang telah dibuka dan berhasil memberikan kesan menarik dan modern.

Gambar-kampung-pelangi-semarang
Source : gedangsari.com

Pesona dan Keindahan Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang adalah salah satu program kampung tematik, bertujuan untuk mengurangi pemukiman kumuh dan menjadi sebuah alternative wisata murah di tengah kota Semarang. Pesona Kampung Pelangi Semarang, bisa membuatmu terbius kagum. Sebab begitu banyak dinding rumah-rumah, jembatan dan tangga yang diberi cat warna-warni. Di dinding rumah juga ada sebuah lukisan seru yang bisa dijadikan latar berfoto. Yakin deh, cocok banget buat kamu yang suka selfi.

Ini tentu bukanlah yang pertama di Indonesia, sebab di beberapa daerah seperti Malang, Balikpapan, dan Lubuklinggau juga memiliki rumah yang dicat warna-warni. Meski demikian, Kampung Pelangi Semarang ini memberikan nuansa yang berbeda dan didukung banyak fasilitas yang belum tentu ada pada kampung tematik daerah lain.

Wisata semarang kampung pelangi
Source : hipwee.com

Kampung Pelangi yang kini begitu indah dan menarik perhatiannya ini awalnya seperti kampung biasa dimana banyak sampah berserakan, tanaman tidak terawat, dan lingkungan yang begitu kumuh. Semenjak adanya progam pemerintah dimulai dari renovasi Pasar Bunga Kalisari yang diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru, akhirnya merembet ke kampung Gunung Brintik agar warga sekitar juga bisa merubah tatanan kampung tersebut. Muncullah ide menjadikan kampung tersebut menjadi kampung warna-warni dengan menelan biaya sekitar Rp. 3 Milyar.

Hasil dari kerja keras dari konsep terstuktur. Akhirnya terlahirlah Kampung Pelangi yang sampai saat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan terkenal hingga situs-situs luar.

Harga-tiket-masuk-kampung-pelangi-semarang
Source : blog.pergi.com

Fasilitas Kampung Pelangi Semarang

Pengunjung bisa mendapatkan fasilitas yang seru, selain menikmati dinding rumah warna-warni.

1. Membeli Bunga

Sebelum mengabadikan moment seru di Kampung Pelangi, ada baiknya juga lho kamu mampir dulu di Kios bunga, Pasar Kalisari. Bunga-bunga tersebut bisa mempercantik hasil jepretanmu nanti. Oiya, bisa juga dibawa pulang, dijadikan oleh-oleh untuk orang terdekat. Kisaran harga bermacam-macam, mulai dari bunga mawar, matahari, lili dan lain-lain. 1 tangkai bunga mawar ditawarkan Rp.5000. sedangkan untuk krisan, hanya membayar Rp.10.000 kamu mendapatkan 3 tangkai bunga.

Alamat-kampung-pelangi-malang
Source : piknikdong.com

2. Spot foto

Sebetulnya dari awal sudah menjamin bakalan bagus hasil fotomu, sebab Kampung Pelangi Semarang tempat yang keren untuk berfoto ria. Pilihan warna, lukisan latar foto, jembatan pelangi, spot batu warna warni, tangga pelangi, dan sayap kupu-kupu. Kamu tinggal memilih, bergaya lucu dan fotogenik lalu siap diabadikan dalam ponsel kesayanganmu.

3. Kuliner warna-warni

Makin seru ya, selesai berfoto ria bersama orang-orang terdekat. Saatnya kamu mencari makanan yang dijual oleh penduduk setempat. Uniknya, jajanan tersebut juga bewarna-warni. Roti lapis warna-warni, es mambo warna-warni. Ada juga angkringan yang dicat gak kalah nyentrik. Kamu bisa ke foodcourt, Pasar Kalisari jika ingin mendapatkan hidangan lebih beragam lagi.

Jam operasional kampung pelangi malang
Source : jateng.tribunnews.com

4. Puncak Kampung Pelangi

Menuju puncak Kampung Pelangi membutuhkan tenaga lebih, sebab jalanannya menanjak. Tetapi sesampainya di Puncak, kamu bakalan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Di sana juga disediak spot untuk berfoto, sebagai kenangan bahwa kamu pernah berada di Puncak Kampung Pelangi Semarang.

5. Pasang gembok cinta

Kamu pasti pernah mendengar tentang gembok cinta. Yups, seperti yang ada di Korea. Menuliskan nama pasangan pada dinding gembok, kemudian melemparkan kuncinya ke Sungai. Kamu gak perlu ngebayangin jauh-jauh, di Kampung Pelangi sudah disediakan spot gembok cinta. Tempatnya disebelah jembatan pintu masuk Kampung Pelangi.

Untuk menjaga antusias dan kenyamanan pengunjung, fasilitas Kampung Pelangi Semarang juga menyediakan Tempat makan, Kamar Mandi, Musholla dan Tempat Membuang Sampah.

Lokasi-kampung-pelangi-semarang
Source : medium.com

Lokasi dan Rute Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi berada di alamat Desa Wonosari Jl. Dr. Sutomo No.89. Wonosari, Randusari, Kota Semarang. Randusari, Semarang, Jawa Tengah. Kamu juga bisa menggunakan google maps sebagai alat bantu menemukan lokasi Kampung Pelangi Semarang.

Ini bisa dijadikan patokan, berjarak 500 m dari Tugu Muda dan Lawang Sewu. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jika kamu dari luar kota, mengendarai kendaraan pribadi atau umum, cukup mudah mencari alamat Kampung Pelangi Semarang.

Untuk yang berkendaraan pribadi dari arah Jogyakarta, memilih tiga jalur. Magelang-Bawen, dan Klaten-Boyolali-Salatiga. Jalur ini yang tercepat, karena ada Tol yang langsung menghubungkan dengan Salatiga-Semarang. Ambil jalan keluar di Banyumanik menuju Jl. Setia Budi.

Di bundaran Tugu Muda, ambil jalan keluar yang ada diantara Gereja Katedral Santa Maria dan museum Mandala Bhakti. Lokasi Kampung Pelangi Semarang Tempat tujuan wisatamu ada disebelah kiri.

Untuk pengunjung yang berkendaraan umum, rute Kampung Pelangi mudah dicapai menggunakan BRT. Biaya transportasi ini tergolong sangat murah, kamu mengeluarkan ongkos Rp.3.500 dan itu tak perlu membeli tiket lagi ketika di oper lagi.

Dari Bandara Ahmad Yani dan stasiun Tawang – Poncol, kamu bisa naik koridor IV. Lalu turunlah ke shelter Pasar Bulu. Kemudian jalan kaki sekitar 800 m kea rah Tugu Muda dan belok kanan setelah Museum Mandala Bhakti.

Rute-kampung-pelangi-semarang
Source : eksapedia.com

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Harga tiket masuk Kampung Pelangi Semarang gratis, kamu hanya perlu memasukkan uang seikhlasnya pada kotak yang disediakan di dekat jembatan masuk wilayah Kampung Pelangi. Kendaraan bermotor tidak bisa dibawa masuk kawasan wisata, dan harus diparkir di tepi Jl. Sutomo denga tarif Rp.3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp.5.000 untuk mobil. Biaya-biaya tersebut, nantinya akan digunakan sebagai biaya operasional dan pengembangan Kampung Pelangi Semarang.

Jam Operasional Kampung Pelangi Semarang

Jam operasional Kampung Pelangi Semarang. Kamu bisa mengunjungi Kampung Pelangi Semarang kapan saja tanpa batas waktu karena tidak ada jam operasional yang ditetapkan. Biasanya para wisatawan datang dan pergi di waktu pagi dan sore hari. Ini disebabkan jika berkunjung pada siang hari, udara panas belum lagi harus menaiki tangga-tangga dan jalan yang menanjak yang harus dilalui dengan berjalan kaki.

Wisata Kampung Pelangi Semarang tidak hanya mengekspos warna-warni yang menggemaskan, lukisan lukisan yang sangat menawan serta spot yang menakjubkan. Tetapi sebagai pengetahuan nyata bagi pengunjung bahwa dari kampung kumuh bisa dijadikan alternative tempat wisata murah dan dampak terwujudnya salah satu program kampung dapat meningkatkan keadaan ekonomi penduduk. Sungguh sangat menginspirasi bagi tempat-tempat di kota lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *