Source : pingpoint.co.id

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Kebun Raya Bogor 2019

Posted on

BosniaTravel.net – Kota Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan memang memiliki lingkungan dan udara yang asri. Berbagai macam obyek wisata ada di kota ini salah satunya yang cukup terkenal adalah Kebun Raya Bogor. Obyek wisata ini merupakan salah satu ikon wisata di Kota Hujan dengan lingkungan yang cukup asri serta memiliki ribuan koleksi tanaman dan juga bunga. Tempat wisata ini dapat menjadi destinasi menarik untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga sekaligus belajar mengenal tumbuhan. Yuk simak ulasan harga tiket masuk dan rute lokasi Kebun Raya Bogor dibawah ini.

Kebun Raya Bogor terbagi dalam beberapa area berbeda seperti diantaranya adalah area taman atau kebun, museum, herbarium hingga toko tanaman. Tempat wisata ini memiliki luas area mencapai 87 hektare sehingga Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk berkeliling tempat ini. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut.

Lokasi-kebun-raya-bogor
Source : travelingyuk.com

Pesona Keindahan dan Koleksi Kebun Raya Bogor

Obyek wisata Kebun Raya Bogor ini memang menjadi tempat berwisata yang cukup menarik karena kita bisa sekaligus menimba ilmu disana. Bahkan jika Anda memiliki keinginan untuk menggelar acara ditempat ini, ada banyak Area di tempat ini yang bisa Anda gunakan. Pesona Kebun Raya Bogor sendiri memiliki banyak koleksi tumbuhan dan pohon yang membuat udara di sekitarnya sejuk, asri dengan pemandangan hijau yang begitu menyejukkan mata.

Area Kebun Raya Bogor yang memang luas ini juga didujung dengan sejumlah kursi di sejumlah titik untu tempat istirahat pengunjung atau sekedar menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan idahnya kolam bunga teratai serta air mancur di Area Kebun raya.

Bukan hanya itu saja, sejumlah tempat menarik juga dapat dinikmati oleh pengunjung. Pesona dan keindahan Kebun Raya Bogor yang dapat anda nikmati diantaranya Jembatan Gantung Merah, Taman Lebak Sudjana Kassan, Taman Rafflesia, Taman Bambu, Rumah Anggrek, Kolam Teratai dan juga Museum Zoologi yang memiliki fosil Paus Biru, Badak Tasik dan Koleksi Ikan Besar dari Teluk Jakarta

Fasilitas-kebun-raya-bogor
Source : inews.id

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Untuk fasilitas Kebun Raya Bogor sendiri terbilang lengkap sehingga anda dapat menikmatinya ketika berkunjung. Di kawasan ini terdapat rumah inap yang merupakan bekas rumah direktur dimasa kolonial. Anda juga bisa mencari penginapan di hotel yang lebih baik dimana tidak jauh dari area wisata ini seperti Salak The Heritage, Royal Hotel, Amaris Bogor dan lain-lain.

Selain itu fasilitas di Kebun Raya Bogor ini terdapat satu tempat makan yakni Grand Garden Café dimana tidak ada tempat makan lain yang tersedia. Selain café,yang ada disana ada pula penjual snack atau makanan ringan dengan model koperasi. Bukan hanya snack namun koperasi tersebut juga menjual minuman dan nasi kuning yang sudah dikemas dalam mika plastic.

Tak ketinggalan, Anda bisa dengan mudah menemukan toilet umum di beberapa titik pada obyek wisata Kebun Raya Bogor. Namun sayangnya untuk menggunakan toilet tersebut, pengunjung dikenakan biaya kebersihan oleh petugas disana berbeda dengan obyek wisata lain yang umumnya tidak ditarik biaya kebersihan saat menggunakan toilet.

Pihak pengelola Kebun Raya Bogor ini sendiri juga menyediakan fasilitas lain untuk pengunjung yang ingin mengadakan acara pesta, meeting, pernikahan dan lainnya. Dengan demikian acara yang anda gelar akan lebih berkesan.

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk menyisakan uang anda untuk membeli souvenir atau cindera mata disini. Pasalnya di Kebun Raya Bogor terdapat toko cindera mata yang menjual berbagai jenis tanaman hias baik yang model biasa maupun bonsai. Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh sekaligus menambah koleksi tanaman hias dirumah Anda.

Jam-buka-kebun-raya-bogor
Source : travelingyuk.com

Wahana Kebun Raya Bogor

Berbagai wahana ditawarkan dalam Kebun Raya Bogor ini sekaligus sebagai sarana edukasi untuk putra putri Anda. Salah satu wahana Kebun Raya Bogor adalah Museum Zoologi yang menyimpan banyak sekali fosil hewan baik hewan laut,berbagai macam burung, hewan darat, amphibi hingga mamalia. Museum yang berisi koleksi dunia satwa yang diawetkan hingga yang telah menjadi fosil ini layak untuk dikunjungi sebagai sarana edukasi. Ada beberapa koleksi spesial binatang langka seperti Paus Biru dengan panjang 27m, Badak Tasik hingga koleksi ikan besar jangilus dan ikan gergaji.

Selanjutnya pengunjung juga bisa menikmati koleksi berbagai macam tumbuhan baik pohon dan bunga yang mencapai ribuan. Dalam obyek wisata ini kita bisa mengenal lebih banyak tanaman karena di setiap pohon terdapat keterangan nama pohon tersebut sehingga pengunjung akan memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan. Ada pula taman bambu dengan berbagai macam jenis bambu hingga tinggi mencapai 30m.

Jika lelah berkeliling di Kebun Raya Bogor ini maka anda bisa beristirahat dan bersantai sejenak di sekitar danau kecil yang disebut Kolam Teratai dengan koleksi teratai terbesar berdiameter 1.5, dalam hutan Botani tempat wisata ini. Bahkan posisi kolam ini langsung menghadap ke Istana Bogor dengan udara yang sejuk dan asri. Anda bisa menikmati halaman istana Bogor sambil duduk santai bersama keluarga. Selanjutnya Anda bisa menjelajahi Rumah Anggrek dengan koleksi 500 lebih jenis anggrek.

Gambar-kebun-raya-bogor
Source : pagguci.com

Bukan hanya sebagai obyek wisata dan sarana edukasi, wahana Kebun Raya Bogor ini juga dapat digunakan untuk aktivitas olahraga ringan. Pengunjung bisa sekedar jogging maupun bersepeda dengan mengelilingi trek yang telah tersedia. Selain itu mata kita juga akan lebih sehat karena dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau dan asri.

Ada pula jembatan gantung merah dimana juga disebut jembatan cinta karena kerap digunakan oleh calon pengantin untuk melakukan foto pre-wedding. Background pemandangan yang uundah dengan jembatan berwarna merah terang bertumpu pada sebuah tali penyangga jembatan menjadi keindahan tersendiri dimana hanya bisa menampung 15 orang dalam waktu bersamaan.

Jika sudah merasa lapar dan keroncongan, tidak perlu cemas karena di Kebun Raya Bogor ini terdapat café bernama ‘Grand Garden’. Dulunya café ini bernama kafe dedaunan dimana lokasinya masih berada di dalam area kebun.Menu spesial di cafe ini membuatnya tidak pernah sepi pengunjung.

Harga-tiket-masuk-kebun-raya-bogor
Source : tripjalanjalan.com

Lokasi dan Rute Kebun Raya Bogor

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Kebun Raya yang sudah terkenal di Indonesia ini tidak susah untuk menemukannya. Lokasi Kebun Raya Bogor berada di Jalan Ir. Hj Juanda No 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Akses jalan ke tempat ini cukup baik serta letaknya juga tidak jauh dari pusat Kota Bogor sehingga pengunjung dapat dengan mudah menjangkaunya.

Obyek wisata satu ini memang cukup terkenal dimana lokasina juga mudah untuk diakses baik oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika Anda dari Luar Kota ingin mengunjungi tempat wisata ini dapat menggunakan kendaraan umum seperti kereta api dan bis. Jika Anda dari luar kota naik kereta api maka turun di stasiun Bogor dan naik angkot nomor 02 dengan jurusan Bubulak – Barangsiang serta turun di Kebun Raya Bogor. Cara lain juga dapat menggunakan angkot nomer 03 dimana langsung turun di pintu 02 Kebun Raya dimana pintu ini umumnya dibuka hanya saat hari libur saja.

Pesona-keindahan-kebun-raya-bogor
Source : jejakpiknik.com

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Bogor

Sebelum Anda bisa menikmati sejumlah fasilitas dan keseruan di taman wisata satu ini maka terlebih dulu Anda harus membayar tiket masuknya lebih dulu. Untuk harga tiket masuk Kebun Raya Bogor sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia terbagi menjadi 2 jenis yakni tiket untuk wisatawan lokal atau domestik dan tiket wisatawan mancanegara. Untuk harga tiket wisatawan domestik dikenai harga Rp 15.000 dan wisatawan mancanegara dikenai Rp 25.000.

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk Kebun Raya Bogor itui sudah termasuk tiket masuk ke Museum Zoology serta asuransi Jasa Raharja. Sementara bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi maka disediakan area parkir luas. Biaya parkir di Kebun Raya Bogor ini sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2000 untuk kendaraan roda dua. Selain itu anda juga dapat menyewa sepeda keliling dengan biaya sewa Rp 5000 untuk mengelilingi area Kebun Raya yang luas ini atau menggunakan kendaraan roda 4 (keliling) dengan biaya sewa Rp 30.000.

Bagi anda yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat wisata ini, tidak perlu cemas dan repot untuk mencari penginapan. Anda dan keluarga bisa leluasa menikmati malam di Kebun Raya Bogor dengan rumah inap bernuansa jaman dulu yang disediakan oleh pihak pengelola. Penginapan tersebut adalah bekas rumah dari direktur Kebun Raya Bogor ketika jaman kolonial dulu dengan tarif sewa murah yaitu Rp 40.000 termasuk biaya sarapan pagi.

Penting untuk anda ketahui jika akan berkunjung ke tempat wisata ini yakni terkait jam operasionalnya. Hal ini memang cukup penting karena beberapa area memiliki jam buka yang berbeda. Namun yang pasti jam buka Kebun Raya Bogor ini pagi sampai sore dimana dibuka sertiap hari dari Senin sampai Minggu sehingga kapanpun Anda ingin berkunjung bisa langsung ketempat ini.

  • Kebun : 07.30 – 17.00 WIB
  • Pusat Informasi : 08.00 – 16.00 WIB
  • Herbarium : 08.00 – 15.00 WIB
  • Rumah Anggrek : 08.00 – 15.30 WIB
  • Toko Tanaman : 08.00 – 15.30 WIB
  • Toko Oleh-oleh : 08.00 – 16.00 WIB
  • Museum Zoologi : 08.00 – 21.00 WIB
  • Café : 08.00 – 15.30 WIB
  • Kantor ** 07.00 15.30
  • Perpustakaan** 08.00 15.30

** Untuk kantor dan perpustakaan di Kebun Raya Bogor ini tutup di hari Sabtu, Minggu, dan juga hari libur nasional.

Demikian ulasan mengenai Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi Kebun Raya Bogor yang dapat saya sampaikan pada kali ini untuk anda sekalian. Semoga saja ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu anda yang mencari referensi destinasi liburan di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *