Wisata-kebun-raya-kuningan
Source : kompas.com

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Kebun Raya Kuningan, Destinasi Wisata Sejuk dan Asri

Posted on

BosniaTravel.net – Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga memang merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika menghabiskan waktu berlibur untuk pergi ketempat obyek wisata. Bagi anda yang berada di Jawa Barat tepatnya di Kuningan, tak perlu binggung mencari tempat wisata keren. Kebun Raya Kuningan dapat menjadi destinasi wisata menarik untuk liburan akhir pekan Anda bersama keluarga. Bukan hanya sebagai tempat wisata dan rekreasi namun juga sebagai tempat wisata edukasi dengan hawa yang sejuk dan asri. Yuk simak ulasan harga tiket masuk dan rute lokasi Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat dibawah ini.

Kebun Raya Kuningan atau lebih dikenal dengan nama Taman Kuning ini terletak di kaki Gunung Ceremai yang membuatnya memiliki udara segar, asri,sejuk dan panorama indah. Di tahun 2015 lalu mulai dibuka dan menjadi viral dimana digadang-gadang menjadi kebun raya terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 156 hektare mengalahkan Kebun Raya Bogor.

Lokasi Kebun Raya Kuningan (KRK) ini berbatasan langsung dengan area konservasi TNGC (Taman Nasional Gunung Ceremai). KRK merupakan tempat taman tematik pertama yang dibangun oleh orang asli Indonesia berbeda dengan Kebun Raya Bogor yang dibangun dengan campur tangan kolonial. KRK mulai dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan pada tahun 2015 dimana belum sampai satu bulan sempat mengalami penutupan. Hal ini lantaran jumlah pengunjung yang sangat banyak membuat beberapa taman tematik mengalami kerusakan. Namun kini KRK sudah dibuka kembali untuk pengunjung.

Tiket-masuk-kebun-raya-kuningan
Source : merahputih.com

Pesona dan Keindahan Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan ini menawarkan panorama yang sangat indah dan asri karena letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Ceremai pada ketinggian 870 mdpl. Jika anda datang kesini, Anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan dari perbukitan dan pepohonan rindang yang membuat udaranya begitu sejuk dan asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Rute-kebun-raya-kuningan-terbaru
Source : ihategreenjello.com

Bukan hanya itu saja, pesona dan keindahan Kebun Raya Kuningan ini menawarkan beberapa taman tematik sebut saja taman rock garden, taman endmik ciremai, green house, taman kuning, taman awi, taman tematik mangga dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak taman, Taman Kuning cukup banyak menari perhatian pengunjung karena dihiasi dengan bunga begonia berwarna-warni yang keren untuk dijadikan spot foto.

Pesona Kebun Raya Kuningan juga ditambah dengan beragam batuan vulkanik yang ditata menyebar. Ukuran batu yang begitu besar diletakkan dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat artistik. Dengan latar belakang persawahan yang asri, batu vulkanik ini mampu disulap sebagai spot foto yang paling banyak diburu pengunjung selain Taman Begonia.

Rute-lokasi-kebun-raya-kuningan
Source : inews.id

Fasilitas Kebun Raya Kuningan

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata dan edukasi Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat ini, Anda akan dapat menikmati sejumlah fasilitas yang ditawarkan. Meskipun belum sepenuhnya beroperasi semua, namun fasilitas yang ada terbilang cukup lengkap. Fasilitas Kebun Raya Kuningan diantaranya adalah gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat dan meletakkan barang-barang bawaannya.

Selain gazebo, fasilitas Kebun Raya Kuningan antar lain toilet, air mancur hingga tempat penginapan yang tersebar di beberapa titik. Spot bundaran air mancur di KRK dihiasi dengan indahnya warna-warni dari bunga begonia. Di sisi barat KRK, mengalir sungai Cipari dimana satu diantara lintasan sungai ini membentuk cekungan yang menjadi danau kecil yang alami.

Alamat kebun raya kuningan
Source : datawisata.com

Wahana Kebun Raya Kuningan

Tempat wisata Kebun Raya Kuningan ini memiliki peran penting yakni sebagai “site’s window” dari Taman Nasional Gunung Ciremai. Area KRK ini dibagi dalam beberapa sub-zona yakni area konservasi untuk sejumlah tanaman lokal, buah-buahan, area konservasi tanaman koleksi Indonesia teruma Jawa, area konservasi tanaman koleksi dunia hingga taman tematik (Taman Awi dan Taman Tumbuhan Bebatuan) yang menjadi daya tariknya.

Di Kebun Raya Kuningan ini telah memiliki koleksi beraneka tumbuhan teregistrasi mencapai 23.000 specimen lebih. Dilengkapi pula dengan adanya 2 buah situ, jalan masuk, area persemaian, bangunan kantor serta rumah jaga.

Gambar kebun raya kuningan
Source : datawisata.com

Wahana Kebun Raya Kuningan ini diantaranya adalah Taman Kuning yang menjadi spot menarik dengan taman berbentuk lingkaran yang telah ditanami berbagai macam bunga langka. Selain itu ada pula Patung Kuda, Taman Awi Si Eugeung, Taman Tipikal Gunung Ciremai, Situ Lurah, Situ Cibuntu dan juga Air Mancur.

Selain itu wahana Kebun Raya Kuningan ini juga mempunyai pusat informasi dan edukasi untuk Anda dan keluarga yang ingin memperoleh pengetahuan lebih terkait flora di KRK, pembibitan, Rumah Anggrek serta Rock Garden atau Taman bebatuan. Obyek wisata ini memang mempunyai area bebatuan yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Bagi anda yang menempuh jarak jauh untuk bisa sampai ke lokasi, tak perlu cemas mencari penginapan. Di area Kebun Raya Kuningan ini banyak terdapat cottage dengan desain rumah panggung yang bisa dijadikan penginapan selama berwisata disini. Di tahun 2018 lalu sayangnya beberapa penginapan ini belum beroperasi krena konsep eco-design yang dimiliki membuat cottage-cottage ini lebih banyak dijadikan spot foto untuk pengunjung dibandingkan tempat penginapan.

Harga-tiket-masuk-kebun-raya-kuningan1
Source : travelingyuk.com

Lokasi dan Rute Kebun Raya Kuningan

Bagi anda yang berencana untuk berkunjung ke taman wisata Kebun Raya Kuningan, tak perlu cemas tersasar karena lokasinya cukup mudah untuk dijangkau. Lokasi Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559. Jika anda masih takut tersasar maka anda dapat menggunakn Google Maps di smartphone dengan kata kunci Kebun Raya Kuningan.

Jika Anda ke tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi maka ambil jalur ke arah Sumber Plangon hingga ada pertigaan, Anda bisa mengambil jalur lurus. Ketika Anda menemukan Tugu Macan dengan warna hitam maka Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang mengarahkan ke KRK sejauh 8 kilometer lagi. Anda akan melewati obyek wisata Cipanilis dan terus lurus sampai ke pertigaan dan lanjutkan ambil arah Padabeunghar.

Setidaknya anda memerlukan waktu 20 menit untuk tiba di lokasi dari Kota Kuningan. Jika anda dari Kota Cirebon setidaknya membutuhkan waktu selama 1.5 jam lamanya untuk sampai. Rute Kebun Raya Kuningan ini adalah setelah memsuki Kecamatan Pasawahan, jalan mulai berkelok-kelok dan menanjak. Namun Anda akan disuguhi dengan pemandangan sekitar yang cukup menakjubkan yang akan mengganti rasa lelahmu. Jika telah melihat banyak bebatuan vulkanik besar di pinggiran jalan, berarti lokasi Kebun Raya Kuningan tidak jauh lagi. Dari pintu gerbang Anda harus menempuh jarak yang lumayan jauh sebelum akhirnya tiba di area parkir.

Anda yang akan mengunjungi tempat wisata ini,tak perlu cemas karena ada banyak papan penunjuk arah ke lokasi. Kondisi jalan menuju Kebun Raya Kuningan juga sudah cukup bagus. Untuk itu anda bisa mulai merencanakan untuk menghabiskan weekend bersama keluarga dengan mengunjungi tempat ini.

Jam-buka-kebun-raya-kuningan
Source : piknikyok.com

Harga Tiket dan Jam Buka Kebun Raya Kuningan

Pengunjung dapat menikmati segala hal di Kebun Raya yang terletak di Jawa Barat ini. Tidak perlu merogoh krocrk besar karena harga tiket masuk Kebun Raya Kuningan cukup terjangkau. Para pengunjung yang datang dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 hingga Rp 20.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan bermotor baik sepeda motor atau mobil dikenakan biaya mulai Rp 5000 saja.

Bagi pengunjung yang ingin mengeksplorsi berbagai hal dan seluruh area tempat wisata ini, Anda bisa melakukan kunjungan pada hari Senin sampai Minggu. Untuk jam buka Kebun Raya Kuningan sendiri mulai dibuka untuk pengunjung pukul 08:00 dan tutup pad pukul 17:00. Selama seharian penuh anda dan keluarga bisa mengeksplore berbagai hl di tempat ini.

Untuk anda yang kurang menyukai keramaian, bisa datang di hari biasa bukan di akhir pekan. Hal ini lantaran setiap akhir pekan jumlah pengunjung akan membludak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *