Tiket masuk museum angkut batu malang
Source : travelspromo.com

Harga Tiket dan Rute Lokasi Museum Angkut Batu Malang, Ada 10 Zona Selfie Instagramable Terbaru

Posted on

BosniaTravel.net – Kota Batu yang berada di Malang nampaknya tengah bersemangat dalam menggaet banyak pengunjung dengan cara membangun sejumlah tempat wisata yang bagus dan sangat direkomendasi oleh banyak orang untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang tidak biasa dan mendapatkan tanggapan yang bagus dari masyarakat yakni Museum Angkut. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga tiket masuk dan rute lokasi Museum Angkut Batu Malang.

Sejalan dengan Museum Angkut, Anda juga bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata lainnya yang berada tidak jauh satu sama lain. Semua tempat wisata yang dekat tersebut merupakan destinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Batu.

Maka dari itu, apabila Anda berencana untuk mengunjungi Batu dalam waktu dekat, usahakan untuk meluangkan waktu mengunjungi beberapa tempat sekaligus karena jaraknya yang saling berdekatan. Terkait dengan Museum Angkut, mari cari tahu lebih banyak mengenai tempat wisata yang satu ini.

Harga tiket masuk museum angkut malang
Source : mediamaya.net

Pesona dan Keindahan Museum Angkut Batu Malang yang Perlu Diketahui

Berdirinya Museum Angkut ini merupakan sebuah ide yang brilian yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Museum ini mengusung tema angkutan yang memang merupakan pertunjukkan utama yang bisa dilihat. Anda dan keluarga akan bisa mengetahui seperti apa kendaraan dari zaman ke zaman di tempat ini. Museum ini jauh dari kesan membosankan. Malahan, banyak pengunjung yang akan setuju bahwa isi dari museum ini sangatlah menarik.

Apa yang terlihat di Museum Angkut ini menepis jauh-jauh kesan museum yang kaku dan membosankan. Nyatanya, museum yang dikemas secara menarik dan diatur secara baik dapat menarik minat banyak pengunjung. Seperti yang diketahui, tempat yang satu ini sudah dapat menarik banyak orang dari mulai awal dibuka hingga sekarang.

Penggagas di balik berdirinya museum yang satu ini sangat pantas mendapat pujian sebagaimana tempat ini bisa menjadi roda ekonomi di Batu. Sebagai informasi, Museum Angkut dibangun di atas lahan 3.8 hektar. Luas sekali, bukan? Resmi dibuka pada tahun 2014, tempat ini menjadi museum transportasi yang terbesar sekaligus yang pertama ada di Asia.

Area yang begitu luas ini terbagi dalam 9 zona, yaitu Hall Utama dan Zona Edukasi, Zona Runway 27 Airport, Zona Alat Transportasi Indonesia, Zona Koleksi Mobil Antik (Gudang Batavia), Zona Pecinan dan Sunda Kelapa, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Istana Buckingham, Zona Eropa, serta Zona Las Vegas & Hollywood. Menariknya, disetiap zona memiliki keunikan dan daya tarik sendiri yang pasti memberikan pengalaman yang beda.

Rute museum angkut batu malang
Source : ngalam.co

1. Hall Utama dan Zona Edukasi

Zona pertama ini memiliki keunikan terdapat berbagai jenis transportasi yang populer di seluruh dunia, mulai dari jaman tempoe doeloe hingga sekarang. Sebut saja ada delman, sepeda, motor, mobil, hingga alat transportasi paling canggih sekarang yakni helikopter.

Dari pajangan berbagai alat transportasi ini menjadi suatu pembelajaran serta berfikir flash back jauh kebelakang. Dimana ini setiap alat transportasi memiliki latar belakang yang unik dan kisah-kisah yang tak dilupakan. Contoh seperti kereta kuda dimana dahulu dipakai oleh raja-raja kesultanan. Helikopter kenegaraan yang pertama kali dimiliki oleh Republik Indonesia. Serta masih banyak lagi pembelajaran yang bisa diambil.

Tak hanya itu saja, di sini juga disajikan berbagai miniatur dari jenis mobil yang pernah ada. Dibuat sedetail mungkin sampai mirip seperti bentuk aslinya. Masih dalam satu ruangan yang sama, ada Zona Edukasi yang akan memberikan informasi dan ilmu pengetahuan tentang dunia transportasi yang ditampilkan dalam display interaktif.

Wisata malang museum angkut
Source : asokatour.com

2. Zona Pecinan dan Sunda Kelapa

Memasuki zona berikutnya yaitu Zona Pecinan dan Sunda Kelapa. Zona ini mengusung konsep suasana Jakarta Tempo Doeloe. Terlihat ada latar belakang Gedung Station Kota dan berjejer toko-toko China yang dominan pada warna merah. Ada juga Gedung Kantor Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan gambar kapal-kapal berjejer serta nelayan dengan berbagai aktivitasnya.

Disepanjang jalan zona ini, dihiasi dengan berbagai alat transportasi, seperti becak, bajaj, cikar, dokat, praoto dan masih banyak lagi. Tentu ini akan menambah galeri potomu, karena banyak spot selfie yang unik dan menarik.

3. Zona Alat Transportasi Indonesia

Pada zona ini pengunjung akan menemukan berbagai alat transportasi tempoe doeloe. Seperti halnya becak yang digantung, cikar (alat transportasi yang ditarik dengan binatang sapi), angkong atau ricksaw, miniatur kapal majapahit, dan berbagai macam alat transportasi tradisional lainnya. Bahkan, merpati pos dimana dahulu kala dipakai untuk mengantar surat juga ada pada Museum Angkut Batu Malang ini.

Mobil antik museum batu malang
Source : wikipedia.org

4. Zona Koleksi Mobil Antik (Gudang Batavia)

Bagi pengunjung yang suka dengan mobil-mobil bekas tempo doeloe, wajib mengunjungi Zona Keleksi Mobil Antik ini. Disini pengunjung akan disuguhkan berbagai jenis mobil antik jaman dahulu. Berbagai merek mobil ada disini. Seperti Sundap, Vok Wagen, Holden dan masih banyak lagi. Tak hanya mobil saja, berbagai jenis motor antik juga ada di sini.

Barang-barang antik tersebut sangat terawat, dan memiliki body mengkilat. Bahkan, mesinnya pun masih normal dapat berjalan dengan sempurna.

5. Zona Runway 27 Airport

Seperti namanya, pada zona ini terdapat berbagai alat transportasi modern yang bisa terbang. Ada berbagai jenis pesawat pada zona ini. Bahkan, pesawat Boeing 737-200 yang merupakan pesawat milik kepresidenan juga ada pada tempat ini. Meski replika, namun tampilan dibuat persis seperti aslinya.

Pengunjung juga dapat masuk ke dalam pesawat. bahkan boleh masuk sampai bagian cockpit. Nah, ini kesempatan yang bagi pengunjung untuk mendapatkan background selfie yang bagus. Namun sayangnya, ada batas pengunjung yang boleh masuk yakni 24 orang dengan waktu maksimal 30 menit. Jadi, harus sabar antri jika cukup ramai.

Yang cukup menarik pada zona ini adalah, adanya sebuah cafe yang dibentuk layaknya kabin pesawat. Disini, pengunjung bisa melepas dahaga dan menikmati menu-menu yang pastinya nikmat dan lezat. Seperti, Flying Concorde Chicken Sirip, Turbulance Noodle dan Black Bock Sausage dan masih banyak lagi.

Wisata malang hits museum angkut
Source : cekhargatiket.com

6. Zona Gangster Town & Broadway Street

Saatnya berburu foto selfie pada Zona Gangster Town & Broadway Street. Yaps, pada zona ini mengusung tema gangster seperti The Godfather, American Gangster, dan film gangster lainnya. Ada banyak latar belakang sebuah film dihadirkan pada zona ini. Tak heran, banyak yang menyukai zona ini untuk foto selfie.

Pada zona ini juga terdapat Broadway Street yang dikenal dengan jalan terbentang sepanjang Pulai Manhattan hingga sampai wilayah utara Westchester Country di New York City. Asyiknya, di sini juga ada berbagai store atau mini market yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman.

7. Zona Las Vegas & Hollywood

Perbeda dengan zona lainnya, Zona Las Vegas & Hollywood memiliki skala ruangan yang cukup kecil. Namun, di sini penuh dengan berbagai spot selfie yang apik. Zona ini mengusung tema kehidupan malam Las Vegas serta pusat perfilman dunia. Uniknya, ada beberapa testimoni dan tanda tangan artis serta tokoh-tokoh ternama di Indonesia.

Spot foto museum angkut batu malang
Sarumpun.com

8. Zona Eropa (Italy, Jerman, Perancing, dan Inggris)

Berbeda dengan zona-zona sebelumnya. Di sini pengunjung akan menikmati suasana luar negeri alias Eropa. Untuk menambah kesan yang mirip, dihadirkan berbagai lukisan dinding yang terpampang besar. Mulai dari Menara Pissa, Colloseum, Menara Effel, Peron 9 ¾, dan masih banyak lagi.

Bahkan, disini juga tersedia Brasserie, yaitu nama lain dari cafe atau restoran kecil yang menyajikan berbagai menu luar seperti pizza. Bagi Anda yang ingin mencoba dan bersantai sejenak, boleh mampi pada cafe ini.

Alamat museum angkut batu malang
Source : jenjangmedia.blogspot.com

9. Zona Istana Buckingham

Seperti namanya, pada zona ini mengusung nuansa Inggris lengkap dengan replika istana ratu Inggris. Pengunjung juga dapat memasuki istana ini dengan yang disambut dengan replika Ratu Elizabeth duduk disinggasana. Serta ada juga sebuah mobil Landrover yang dulu pernah digunakan untuk parade di Australia.

Tak hanya itu, ada juga berbagai jenis mobil buatan Inggris. Seperti Francis Barnet, Mobil Mini Cooper, Austin, Rolls Royce, dan masih banyak lagi. Serta ada juga alat transportasi yang sering digunakan wisata Inggris yaitu bus tingkat.

10. Pasar Apung Nusantara

Setelah lelah mengunjungi berbagai zona yang ada, pengunjung dapat bersantai dengan udara outdoor di Pasar Apung Nusantara. Untuk menuju tempat ini, pengunjung akan melewati sebuah lorong yang mirip bagian dalam kereta api. Dimana, lorong ini akan bergoyang-goyang layaknya berada di atas kereta api.

Pasar Apung Nusantara adalah sebuah pasar yang mengapung. Dimana untuk berpindah dari stand satu ke stand lainnya menggunakan kano atau perahu yang didayung. Di sini terdapat berbagai makanan khas Jawa Timur, serta oleh-oleh souvenir, kerajinan tangan, pernik-pernik, dan masih banyak lagi.

Lokasi pasar apung nusantara museum angkut batu malang
Source : bromoijencratertour.com

Fasilitas Yang Ada di Museum Angkut Batu Malang

Seperti yang diketahui, tempat ini menjadi salah satu andalan destinasi wisata di batu. Karenanya, tidak heran jika fasilitas yang disediakan sangatlah lengkap demi memenuhi kebutuhan para pengunjung. Apa saja fasilitas yang disediakan?

Toilet merupakan salah satu fasilitas penting penunjang suatu tempat wisata. Hal inilah yang dipikirkan dengan baik oleh pengelola. Terdapat sejumlah toilet yang tersebar dan tersedia juga toilet untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Salah satu hal menarik yang tidak luput dari perhatian yakni adanya koneksi internet gratis yang bisa dinikmati pengunjung. Yang satu ini tentunya untuk mendukung wisatawan mengabadikan momen mereka dan mengunggahnya saat itu juga.

Baterai ponsel menipis padahal masih ingin mengunggah momen di Museum Angkut? Tenang saja karena terdapat tempat khusus untuk mengisi kembali daya baterai ponsel Anda. Ada lagi kursi roda yang dipinjamkan gratis bagi mereka yang membutuhkannya. Lalu disediakan juga elevator serta pusat ATM dari berbagai jenis bank. Jika uang dalam dompet Anda menipis, langsung tancap saja menuju pusat ATM.

Harga tiket masuk Museum Angkut sangatlah sebanding dengan banyaknya fasilitas yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Tidak berhenti di sana saja, masih ada lagi foodcourt di mana Anda bisa menyantap makan siang dan tentunya mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah. Tak lupa, pihak pengelola menyediakan area khusus untuk merokok. Perlu diketahui bahwa merokok sembarangan dilarang dilakukan di sini. Tidak lupa juga terdapat tempat penitipan barang bagi siapa saja yang ingin meninggalkan barang bawaannya yang berat. Untuk tambahan, ada juga pasar apung, angkutan gratis dari Jatim Park Group, shuttle car gratis, serta pusat informasi.

Wahana museum angkut batu malang
Source : tribunnews.com

Lokasi dan Rute Menuju Museum Angkut

Lokasi Museum Angkut sangat mudah ditemukan, yakni di Jalan Terusan Sultan Agung nomor 2 dan berada di desa Ngaglik, Batu, Jawa Timur. Jangan lupa bahwa tempat ini berada di kecamatan Batu, kota Batu. Lokasi yang strategis adalah salah satu faktor penunjang mengapa tempat ini banyak dikunjungi. Perlu diketahui bahwa Museum Angkut berada tidak jauh dari pusat kota Batu.

Untuk rute yang ditempuh tidaklah sulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi yang mudah dijangkau tersebut menunjukkan bahwa rute yang akan dilalui tidaklah sulit. Sebagai tambahan, akses menuju tempat tersebut bisa melalui kendaraan umum dan juga kendaraan pribadi. Jangan khawatir apabila membawa kendaraan pribadi karena tempat parkir yang disediakan sangatlah luas dan dapat menampung banyak kendaraan.

Jam buka museum angkut batu malang
Source : kumparan.com

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Angkut

Museum yang buka tiap hari ini bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang sebesar 70 ribu pada hari kerja dan 100 ribu untuk akhir pekan. Anda bisa menikmatinya hari apa saja karena museum ini buka setiap hari.

Museum yang memiliki koleksi lebih dari 300 transportasi berbagai model ini dibuka dimulai pukul 12.00 WIB dan berakhir pada 20.00 WIB. Jam buka Museum Angkut ini memang terbilang siang. Maka dari itu, jika Anda tidak ingin kepanasan, datanglah saat sinar matahari sudah mulai reda.

Oh iya, jika Anda membawa kamera sendiri seperti kamera DSLR, maka akan dikenakan biaya tambahan 30 ribu per kamera. Namun dijamin tidak akan rugi, karena di dalam terdapat berbagai spot foto yang siap menghabiskan memori kamera mu.

Semua informasi terkait dengan harga tiket masuk dan rute lokasi Museum Angkut Batu Malang di atas semoga dapat membantu Anda yang sedang berencana ingin berkunjung. Jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan yang matang sebelum bepergian, terlebih lagi ke tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *