Wisata-hits-Tulungagung-Ranu-Gumbolo
Source : explorewisata.com

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Ranu Gumbolo Tulungagung, Nikmati Udara Sejuk Danau dan Dibawah Pohon Pinus

Posted on

BosniaTravel.net – Tulungagung sebagai salah satu kota di Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Ranu Gumbolo. Tempat wisata ini mulai dibuka pada tahun 2016 dan langsung menjadi tempat wisata hits di kalangan anak muda. Ada banyak kelebihan dari tempat wisata ini. Di sini kamu bisa camping, menikmati udara sejuk di bawah hutan pinus Tulungagung, spot foto selfie juga banyak serta tiket masuk juga cukup murah. Tertarik untuk menikmati keindahan Ranu Gumbolo? Tidak ada salahnya Anda mencari tahu dulu tentang harga tiket masuk dan rute lokasi Ranu Gumbolo Tulungagung.

Mitos jawa nama Ranu Gumbolo adalah Ranu memiliki arti danau atau telaga. Sedangkan Gumbolo berarti tempat tinggal. Aliran air dari Ranu Gumbolo bermuara di Waduk Wonorejo yang merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara. Ranu Gumbolo disebut memiliki banyak kemiripan dari Ranu Kumbolo yang berada di lereng Gunung Semeru. Jadi, buat kamu yang belum bisa ke sana Ranu Kumbolo Semeru, kamu bisa mengujungi wisata Ranu Gumbolo Tulungagung ini. Tak kalah seru kok. Inilah informasi selengkapnya mengenai Ranu Gumbolo.

Harga-tiket-masuk-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : ulinulin.com

Pesona dan Keindahan Ranu Gumbolo Tulungagung

Ada banyak keindahan yang ditawarkan Ranu Gumbolo. Sebagai wisata alam, Ranu Gumbolo menawarkan keindahan alam dan pemandangan yang menyejukkan mata. Keindahan Ranu Gumbolo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai petualangan alam. Salah satunya adalah hutan pinus yang merupakan hasil reboisasi yang dimulai sejak 2001. Hutan ini sering dijadikan tempat berburu foto bahkan foto pre wedding karena keindahannya.

Selain itu, Ranu Gumbolo yang berada di 182 mdpl membuatnya berhawa sejuk dan menenangkan karena jauh dari pusat kota. Ranu Gumbolo berdekatan pula dengan Waduk Wonorejo yang juga merupakan wisata alam berupa danau. Waduk Wonorejo juga berfungsi sebagai pembangkit listrik dan sumber pengairan. Anda bisa sekalian berkunjung ke waduk tersebut untuk menikmati keindahan pemandangannya yang juga sangat bagus.

Rute-lokasi-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : dakatour.com

Fasilitas yang ada di Ranu Gumbolo Tulungagung

Mengunjungi tempat wisata, rasanya tidak akan menyenangkan tanpa adanya fasilitas yang melengkapi tempat tersebut. Beberapa fasilitas Ranu Gumbolo akan membuat pengunjung betah berada di sana. Salah satunya adalah berbagai spot foto yang menarik. Ada hammock yang terpasang di antara pohon pinus. Anda bisa menyewa hammock beragam warna dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 5.000.

Ada juga rumah pohon di tepi danau yang bisa menjadi alternatif tempat untuk menikmati pemandangan Ranu Gumbolo dari atas. Rumah pohon ini tidak terlalu besar karenanya tidak bisa ditempati oleh banyak orang. Rumah pohon ini juga bisa menjadi tempat untuk pengambilan foto dan pasti akan menghasilkan foto berlatar pemandangan yang indah. Bahkan pemandangan Waduk Wonorejo juga bisa terlihat dari rumah pohon ini.

Alamat-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : travelingyuk.com

Ranu Gumbolo juga menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang gemar memancing. Karena ada fasilitas pemancingan yang bisa Anda manfaatkan. Ranu Gumbolo sering dijadikan area pemancingan bagi warga lokal maupun wisatawan. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda tangkap, mulai dari nila, lele, hingga mujair. Sebaiknya Anda membawa perlengkapan memancing sendiri, karena belum ada tempat penyewaan alat pancing di Ranu Gumbolo.

Fasilitas Ranu Gumbolo yang lain adalah tempat bermain anak. Maka tempat wisata ini juga sering disebut sebagai tempat wisata keluarga. Untuk semakin menikmati waktu bersama orang-orang terdekat, Anda juga bisa menyewa perahu wisata. Anda harus membayar biaya sewa perahu sebesar Rp. 7.500 untuk bisa menggunakan perahu wisata dan berkeliling danau menikmati pemandangan alamnya.

Mitos-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : traveloka.com

Jangan khawatir kelelahan setelah menikmati semua wahana di Ranu Gumbolo. Karena di tempat ini sudah tersedia banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk tempat istirahat. Sambil beristirahat, Anda tetap bisa menghirup udara segar khas daerah dataran tinggi dan semilir angin yang menyejukkan.

Bagi kamu yang suka camping, disini juga bisa mengadakan acara tersebut. Ya, layaknya wisata Ranu Kumbolo Semeru, kamu bisa menikmati malam yang sepi dan tenang, serta hadirnya hembusan angin dari danau seakan-akan kamu berada di Ranu Kumbolo Semeru.

Camping-di-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : zulviarumaida.blogspot.com

Lokasi dan Rute Ranu Gumbolo

Lokasi Ranu Gumbolo termasuk lokasi yang mudah dijangkau karena akses jalan yang memungkinkan dilalui berbagai jenis kendaraan darat, seperti mobil atau motor. Alamat Ranu Gumbolo tepatnya berada di Bantengan, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Akses jalan menuju ke sana sedikit menanjak namun Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah selama menempuh perjalanan.

Rute menuju Ranu Gumbolo bisa ditempuh sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota Tulungagung. Saat sudah memasuki wilayah Desa Wonorejo, ikuti jalan hingga menemukan sebuah sekolah dasar. Kemudian lanjut pilihlah jalur kanan hingga menemukan jalan bercabang. Ambillah jalan yang menuju ke arah kanan. Anda akan segera sampai di Ranu Gumbolo.

Misteri-ranu-gumbolo-tulungagung
Source : emydut.blogspot.com

Harga Tiket Masuk Ranu Gumbolo

Berwisata ke Ranu Gumbolo bisa dikategorikan sebagai wisata murah meriah. Karena Anda hanya perlu membayar Rp 6000 saja untuk harga tiket masuk Ranu Gumbolo di hari biasa. Sementara hari libur tiket masuk seharga Rp. 8.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Dimana, untuk parkir motor Rp. 2.000 sementara parkir mobil Rp. 5.000. Ada biaya tambahan jika ingin menyewa hammock atau menyewa perahu wisata seperti yang sudah dijelaskan di atas. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah suguhan alam yang menakjubkan, bukan?

Jam Operasional Ranu Gumbolo

Penting bagi Anda untuk mengetahui jam operasional Ranu Gumbolo sebelum mengunjunginya. Ranu Gumbolo dibuka mulai jam 6 pagi waktu setempat. Saat sore, tempat wisata ini tutup pada jam 5 petang waktu setempat. Tidak perlu khawatir tentang hari buka, karena Ranu Gumbolo buka setiap hari sepanjang minggu. Namun tentu saja tempat ini akan lebih ramai saat akhir pekan atau hari libur.

Itulah informasi lengkap mengenai wisata Ranu Gumbolo. Ranu Gumbolo menjadi pilihan destinasi wisata alam yang tepat saat ingin menghabiskan waktu bersama oang terdekat atau sekedar ingin menenangkan diri. Keindahan alamnya yang masih asri menjadi daya tarik. Ketenangan dan kesejukannya juga menjadikan pengunjung betah berlama-lama. Selalu perhatikan untuk menjaga kebersihan saat berkunjung ke Ranu Gumbolo agar tempat wisata ini tetap bersih dan memberikan kenyamanan bagi semua pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *