Waduk-Wonorejo-Tulungagung
Source : wisatatrend.com

10 Spot Selfie + Harga Tiket dan Rute Lokasi Waduk Wonorejo Tulungagung, Waduk Terbesar Se-Asia Tengara

Posted on

BosniaTravel.net – Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada tiap kotanya. Salah satu kota yang merupakan kota penghasil marmer dan memiliki beberapa objek wisata menarik adalah Tulungagung. Salah satu objek wisata yang paling menarik di sana adalah Waduk Wonorejo Tulungagung. Merupakan salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara ini berada di selatan lereng gunung Wilis Tulungagung. Tertarik untuk mengetahui harga tiket masuk dan rute lokasi Waduk Wonorejo Tulungagung?

Walaupun ada banyak sekali objek wisata menarik di Tulungagung seperti air terjun yang menawan, pantai yang sangat indah, candi yang memiliki makna sejarah. Tetapi Waduk Wonorejo Tulungagung ini tetap memiliki banyak pengunjung, terutama pada akhir pekan. Hal inilah yang menjadikan waduk ini sebagai objek wisata kebanggaan masyarakat Tulungagung. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Harga-tiket-masuk-bendungan-wonorejo-tulungagung
Source : travelingyuk.com

Daya Tarik Wisata Waduk Wonorejo Tulungagung

Ketika masuk ke kawasan Waduk, Pengunjung akan disuguhi dengan keindahan Waduk Wonorejo Tulungagung berupa pemandangan air bendungan yang terlihat sangat sejuk dan tenang. Warna airnya yang biru seakan menyapa para pengunjung yang datang berkunjung. Sepanjang jalan disebelah kanan dan kiri terlihat area persawahan yang hijau dan menyejukkan mata.

Tidak heran Waduk Wonorejo Tulungagung dijuluki sebagai waduk terbesar di Asia Tenggara. Hal ini bisa dilihat dari bentuknya yang sangat luas yang mampu menampung air hingga mencapai 6,06 meter kubik dengan luas permukaan air mencapai 3,85 juta persegi. Sungguh sangat menakjubkan bukan?

Sebenarnya waduk ini tidak hanya sebagai tempat rekreasi saja, melain juga memiliki fungsi penting pada masyarakat sekitar, dimana fungsi utamanya yaitu antara lain sebagai pembangkit tenaga listrik, yang mampu membantu menghidupkan listrik di beberapa kecamatan sekitar. Selain itu juga sebagai pengarian daerah lokasi sekitar. Banyak dari masyarakat sekitar memanfaatkan pengarian ini sebagai cocok tanam.

Daya-tarik-waduk-wonorejo-tulungagung
Source : indahpesonaalam.blogspot.com

Berfungsi juga sebagai penanggulangi bencana banjir, perusahaan air minum, budidaya ikan tawar, dan masih banyak lagi fungsinya. Tak heran, masyarakat sekitar bangga dan mendukung progam-progam perintah terkait waduk sebagai keberlangsungan hidup masyarakat. Karena masyarakat sekitar juga merasa terbantu.

Pembangunan Waduk Wonorejo Tulungagung ini cukup memakan banyak waktu. Dimulai tahun 1980 an, pembangunan waduk dimulai tahap I. Karena ada suatu kendala tertentu, akhirnya proyek tidak bisa diselesaikan dan tidak sesuai rencana akan selesai di tahun 1988.

Tahun 1992, proyek pembangunan kembali dilanjutkan. Hingga akhirnya pada tanggal 21 Juni 2001, waduk ini diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri yang menjadi sebagai wakil presiden kala itu. Pada tahun 2004, Waduk Wonorejo Tulungagung resmi dibuka sebagai tempat wisata.

Rute-waduk-wonorejo-tulungagung
Source : sumartisaelan.com

Fasilitas Waduk Wonorejo Tulungagung

Dengan lokasi yang begitu luas, tidak mungkin hanya untuk bisa menikmati pemandangan air waduk yang luas saja bukan? Pihak terkait serta dinas pariwisata setempat berinisiatif membangun beberapa fasilitas menarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Bahkan sambil berlibur, para wisatawan ini juga bisa melakukan aktivitas untuk menyalurkan hobinya seperti memancing. Apa saja fasilitas Waduk Wonorejo Tulungagung yang tersedia? Simak penjelasan berikut ini.

– Area Memancing

Untuk yang hobi memancing, wahana yang satu ini sayang untuk dilewatkan begitu saja ketika berada di Waduk Wonorejo Tulungagung. Ada fasilitas khusus area pemancingan bagi pengunjung yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di sana. Menunggu umpan dimakan oleh ikan sambil membaca buku bisa menjadi salah satu pilihan liburan yang menyenangkan.

– Taman Bermain

Objek wisata tidak akan lengkap tanpa adanya taman bermain. Begitu juga dengan di waduk ini. Terdapat taman bermain yang indah untuk bisa dinikmati bersama teman dan atau keluarga. Selain playground, terdapat pula kolam renang dan juga lokasi yang instagramable dan cocok untuk selfie dengan latar belakang waduk yang indah.

Lokasi-waduk-wonorejo-tulungagung
Source : wisatabaru.com

– Speed Boat

Menikmati indahnya pemandangan waduk dan sekitarnya tidak akan lengkap jika hanya melihatnya dari pinggiran waduk. Tersedia fasilitas speed boat yang akan mengantarkan para pengunjung untuk mengitari waduk terbesar di Asia Tenggara ini. Siap untuk merasakan hembusan angin dari atas speed boat?

– Sarana untuk Hiburan

Objek wisata tidak akan lengkap tanpa adanya sarana untuk hiburan. Begitu pula dengan Waduk Wonorejo Tulungagung. Dengan kondisi suasana Waduk yang tidak pernah sepi didatangi pengunjung membuat pihak terkait menyediakan sarana hiburan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

– Penginapan Sekitar Waduk Wonorejo

Ingin merasakan keindahan kota Tulungagung dan sekitar waduk di malam hari? Jangan kuatir, di sekitar objek wisata Waduk Wonorejo Tulungagung terdapat penginapan dengan berbagai kriteria yang bisa dipilih seperti villa dan hotel. Tinggal pilih jenis dan fasilitas penginapan yang sesuai dengan budget dan rasakan sejuknya udara malam kota Tulungagung. Atau ingin merasakan menginap di alam terbuka? DIsini tempatnya. Tersedia fasilitas perkemahan dengan 4 kawasan berbeda yang dilengkapi MCK.

Penginapan-waduk-wonorejo-tulungagung
Source : travellingyuk.com

Lokasi dan Rute Waduk Wonorejo Tulungagung

Waduk Wonorejo Tulungagung ini berada di lereng Gunung Wilis, atau lokasi tepatnya berada di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk bisa mencapai ke lokasi Waduk Wonorejo Tulungagung, Pengunjung bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mobil atau sepeda motor bisa dengan mudah dikendarai menuju waduk karena akses jalan tidak terlalu menanjak dan sudah beraspal. Kecuali Bus, kendaraan pribadi jenis apa saja bisa melewati rute menuju waduk. Lebih jelasnya kamu bisa mengandalkan GPS.

Wisata-hist-tulungagung-waduk-wonorejo
Source : pictaramium.com

Harga Tiket Masuk Waduk Wonorejo Tulungagung

Harga tiket masuk Waduk Wonorejo Tulungagung ini cukup ramah dikantong. Untuk bisa menikmati panorama yang indah dan megah, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp.7.000 pada hari biasa dan Rp.10.000 pada saat hari libur. Namun harga ini tidak mengikat dan bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari dinas pariwisata wilayah Kabupaten Tulungagung.

Jam Operasional Waduk Wonorejo Tulungagung

Jam operasional Waduk Wonorejo Tulungagung dibuka setiap hari pada jam 07.00 sampai dengan 17.00 sore. Begitu berada di depan gerbang, pengunjung akan dihadapkan dengan portal yang menghalangi siapapun masuk sebelum membayar uang retribusi terlebih dahulu. Antara portal dengan area parkir berjarak sekitar 5 menit saja. Setelah itu Pengunjung bisa berkeliling menikmati pemandangan indah waduk.

Wisata Waduk Wonorejo Tulungagung tidak hanya menawarkan pemandangan air yang terbentang luas dan hijaunya area persawahan. Di sini para pengunjung domestik maupun dari manca negara bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari memancing, merasakan hembusan angin dari speed boat, berfoto selfie sampai dengan menikmati hiburan yang tersedia disana.

Diarea sekitar juga banyak warung kuliner dengan menu makanan khas. Jadi, tidak perlu kawatir untuk kelaparan. Harga makanan juga tidak terlalu mahal, pas dikantong. Soal rasa, tentu sangat nikmat dan lezat. Siap untuk menghabiskan masa liburan ke kota Tulungagung? Oh ya, kami sarankan kalau ke sini pagi hari atau sore hari yaa.. Karena kalau siang pasti akan sangat panas untuk jalan-jalan di jembatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *